PELATIHAN LELE HIGIENIS & PELATIHAN PAKAN SUPER MURAH 80 % PRAKTEK. MATERI PEMBENIHAN, PEMBESARAN, PUPUK HIGEINIS (OBAT PENYAKIT)DLL HUB. 0815 6323 5990
TERSEDIA MESIN PAKAN
Banner
KARYA TH 2013
Banner
BERAGAM IKAN TAWAR
Animasi Ikan on Make A Gif
make animated gifs like this at MakeAGif
TERSEDIA MESIN PAKAN
Banner
Banner
PAKAN MURAH
Banner
PUPUK HIGEINIS
Banner
PLATIHAN ONLINE
Banner
Cuplikan DVD Pelatihan
Banner
Profile Finish on Make A Gif
make animated gifs like this at MakeAGif
BINA INSAN PERIKANAN INDONESIA (BIPI) SUKABUMI - Pencipta Pupuk Higeinis, Obat Penyakit Lele Terampuh & Formula Pakan Super Murah
Banner
Banner
Banner
Banner

Magang

Selamat Berjuang Saudaraku, Doa Kami Selalu Menyertaimu

Sekarang kan saya sudah lulus, canda Lutfi, seorang pria yang duduk di kursi dekat etalase rokok sebuah warung kopi, dengan sarung di tubuh, karena kediginan. Tinggal terima ijazah saja, sambungnya. Sayuti, seorang pemuda, langsung menimpali canda itu, kalau begitu kita bisa jalan dong. Maksudnya lihat-lihat Kota Sukabumi, karena pria yang suka canda itu memang bukan orang Sukabumi, tetapi berasal dari Samarinda, kebetulan tinggal bersamaku.

Canda itu memang benar, karena dia baru saja selesai menerima seluruh materi Magang Lele dari UF-two, mulai dari teori hingga praktek. Teori diberikan dengan diskusi. Sedangkan praktek, dilakukannya sendiri, setelah diberi contoh terlebih dahulu oleh saya, mulai dari praktek pemijahan alami, pemijahan semi alami dan pemijahan buatan, bahkan cara mengatasi penyakit dan masalah lainnya. Kunjungan ke kantor saya, BBPBAT juga dilakukan seharian.

Hasil prakteknya sangat memuaskan. Dalam pemijahan buatan, telurnya dapat keluar dengan lancar. Hasil pembuahannya sangat bagus dan daya tetas telurnya juga sangat tinggi, hampir 80 persen. Dan alhamdulillah, setelah dihitung, larvanya mencapai lebih dari 150.000 ekor. Dalam pemijahan alami, induk jantan dan betina langsung memijah dalam semalam. Pembuahannya cukup bagus dan telur dapat menetas 50 persen.

Ajakan Sayuti memang disambut dengan baik. Besoknya, Lutfi, Sayuti dan keluargaku pergi ke tempat rekreasi, dengan sebuah mobil. Abdul, seorang pria asal Pontianak juga tak ketinggalan. Pondok Halimun, sebuah tempat perkemahan pramuka menjadi tujuan pertama. Selain bermain di sebuah kali juga di sana makan bersama. Selabintana menjadi tempat kedua. Selain berenang juga minum kopi panas dan makan mie seduh.

Hari Sabtu tanggal 23 April 2011, tepatnya pukul 04.00, pria itu pamitan, dengan diantar oleh Sayuti ke terminal. Kini bekal ilmu sudah didapatnya, tinggal menerapkan saja di lapangan. Bekal itu sudah cukup untuk memulai usaha lele. Aku, Sayuti dan Abdul yakin banget kalau dia akan sukses menjadi pengusaha lele di Samarinda, apalagi jumlah pembudidaya lele di sana masih sedikit. “ Selamat Berjuang Saudaraku ! Doa kami selalu menyertaimu.

Last Updated (Monday, 25 April 2011 05:41)

 
More Articles...

Informasi Terkini

Artikel Terpopuler

### USNI ARIE BIPI ###
Banner
KARYA TH 2000
Banner
KARYA TH 2012
Banner
Banner
Banner
BUKU TERBARU TH 2014
Banner
PROMO PAKAN MURAH
Banner
We have 17 guests online
PENGUNJUNG
mod_vvisit_counterHari ini227
mod_vvisit_counterKemarin772
mod_vvisit_counterBulan ini7038
mod_vvisit_counterTotal482591