PELATIHAN LELE HIGIENIS & PELATIHAN PAKAN SUPER MURAH 80 % PRAKTEK. MATERI PEMBENIHAN, PEMBESARAN, PUPUK HIGEINIS (OBAT PENYAKIT)DLL HUB. 0815 6323 5990
TERSEDIA MESIN PAKAN
Banner
KARYA TH 2013
Banner
BERAGAM IKAN TAWAR
Animasi Ikan on Make A Gif
make animated gifs like this at MakeAGif
TERSEDIA MESIN PAKAN
Banner
Banner
PAKAN MURAH
Banner
PUPUK HIGEINIS
Banner
PLATIHAN ONLINE
Banner
Cuplikan DVD Pelatihan
Banner
Profile Finish on Make A Gif
make animated gifs like this at MakeAGif
BINA INSAN PERIKANAN INDONESIA (BIPI) SUKABUMI - Pencipta Pupuk Higeinis, Obat Penyakit Lele Terampuh & Formula Pakan Super Murah
Banner
Banner
Banner
Banner

Budidaya Lele Sangkuriang Ala UF-two dibukukan

Budidaya ikan lele, termasuk lele sangkuriang memang tidak susah, terutama bagi pembudiaya lama. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentu saja ada caranya. Dan ternyata tidak semua orang mampu melakukannya. Bahkan banyak orang yang harus bertekuk lutut, kendala sering muncul tak terduga, terutama karena adanya serangan penyakit misterius.

Adanya serangan penyakit sudah pasti berdampak buruk pada kegiatan usaha, karena penyakit ternyata sulit dikendalikan, baik melalui pencegahan, saat persiapan kolam, maupun pengobatan, setelah serangan terjadi. Kematian sulit dihindari dan tingkat kehidupan menjadi rendah. Akibatnya hasil panen sangat mengecewakan dan pembudidaya mengalami kerugian.

Kejadian itu juga dialami saya, ketika masih menjadi konsultan perikanan di beberapa farm lele milik pengusaha dari Jakarta. Meski memijahkan induk cukup banyak, yaitu antara 25 – 50 kg, namun hasilnya nihil, benih lele banyak yang mati. Kerugianpun tidak bisa dihindarkan lagi, karena omzet penjualan sangat rendah, tidak mampu menutupi seluruh biaya produksi.

Kerugian yang sering dialami ternyata berdampak buruk pada hubungan saya dengan pemilik farm. Saya mendapat tekanan dari mereka dan menyatakan bahwa konsultan kelas teri. Adanya tekanan tidak membuat saya ciut. Dengan dibantu oleh karyawan yang lain, saya melakukan berbagai uji coba. Meski awalnya uji coba gagal, namun akhirnya mendapatkan hasil.

Kini saya sudah tidak menjadi konsultan lagi. Bukan karena hubungan saya dengan mereka yang tidak baik, tetapi karena saya sudah tertarik lagi. Tidak mungkin saya harus terus menjalani selamanya. Lebih baik, saya membuka farm sendiri dan membesarkannya seperti farm mereka. Bahkan kini saya lebih bebas dalam menentukan target produksi berikut keuntungannya.

Meski sudah tidak menjadi konsultan lagi, namun saya punya kenangan indah. Berkat Allah SWT, saya telah berhasil memecahkan berbagai permasalahan budidaya lele, termasuk budidaya lele sangkuriang. Keberhasilan itu sudah saya tulis dalam sebuah buku berjudul Mengatasi Permasalah Budi Daya Lele Dumbo, yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya, Jakarta.

Tak hanya sampai, pertengahan tahun 2010, saya menulis buku lain yang tidak kalah menarik. Isinya sangat lengkap, mulai dari prospek bisnis, memilih tahapan usaha, membuat kolam terpal, kiat atasi penyakit, menyediakan pakan alternatif. Namun buku yang diberi judul Budidaya Lele Sangkuriang Ala UF-two ini tidak diterbitkan, tetapi dijadikan panduan dalam pelatihan.

 

Informasi Terkini

Artikel Terpopuler

### USNI ARIE BIPI ###
Banner
KARYA TH 2000
Banner
KARYA TH 2012
Banner
Banner
Banner
BUKU TERBARU TH 2014
Banner
PROMO PAKAN MURAH
Banner
We have 8 guests online
PENGUNJUNG
mod_vvisit_counterHari ini45
mod_vvisit_counterKemarin625
mod_vvisit_counterBulan ini15650
mod_vvisit_counterTotal491203