Banner
Penemu Wah Formulation (PH), Obat Penyakit Ikan Terampuh, Formula Pakan Murah Berkualitas (FCR 1,3) dan Produsen Mesin Pelet
Mengganti Cacing Sutra Dengan Kutu Air

Cacing sutra atau disingkat casut memang telah dijadikan sebagai pakan andalan larva oleh para pembudidaya. Hal ini wajar, karena hewan yang bertubuh kecil dan panjang ini berbau sangat amis, sehingga dapat memberikan ransangan tersendiri bagi larva untuk menyantapnya. Larva yang diberi casut akan berkumpul dan mengeruminya.

Tak hanya itu, struktur tubuh casut juga sangat halus, sehingga dapat dicabik-cabik dengan mudah hingga hancur. Jika masuk ke dalam tubuh tidak berdampak buruk, karena usus lele segera dapat mencernanya dengan baik. Jarang sekali ditemukan larva lele yang kembung atau tubuh terbalik yang diakibatkan oleh casut.

Lebih jauh lagi, casut dapat mempercepat pertumbuhan. Dalam tiga minggu, 50 persen larva lele, terutama larva yang berkualitas tinggi dapat mencapai ukuran 2 – 3 cm. Hal ini wajar, karena hewan yang banyak ditemukan di solokan perkampungan dan buangan pasar ini bergizi tinggi, dengan kandungan protein lebih dari 60 persen.

Namun sayang, ketersediaan casut ini terkadang sangat terbatas, terutama karena musim. Pada musim hujan, hewan yang senang menempel di tepian dan dasar perairan ini sulit diperoleh, karena terbawa arus air. Bahkan di beberapa daerah, casut ini tidak ditemukan, karena kondisi perairan dan iklim yang tidak cocok.

Namun tidak perlu khawatir. Setiap masalah biasanya selalu ada solusinya. Casut bisa diganti dengan kutu air. Solusi itu sudah ditemukan pada tahun awal 2012, atau setahun semenjak BIPI berdiri, hasil dari serangkaian ujicoba yang menghabiskan waktu, tenaga, biaya dan pemikiran. Lihat saja videonya di youtube.

Rupanya, meskipun bau kutu air tidak seamis casut, namun bukan berarti, hewan mirip kutu manusia ini tidak bisa mengundang selera makan, seperti casut, kutu air juga dapat memberi rangsangan bagi larva untuk menyantapnya. Tentu saja, tanpa diketahui, kutu air memiliki aroma tersendiri yang sangat menarik bagi larva.

Memang, struktur tubuh kutu air terkesan tidak sehalus casut, namun yang dimakan larva bukan kutu air dewasa yang keras, tapi kutu air yang baru menetas, yang masih halus. Kondisi itu tidak membuat masalah buat larva. Usus larva ternyata kuat untuk mencernanya, sehingga tidak membuat larva kembung dan mati.

Soal kandungan gizi kutu air, tidak perlu khawatir. Ini tak jauh dari kandungan gizi casut. Jika casut berprotein lebih dari 60 persen, ternyata menurut beberapa literature, kutu air mengadung protein 55 persen. Beda dikit, tak apalah. Namanya juga ama saudara, he..heh. Jadi pertumbuhan larva tidak jauh berbeda dengan casut.

Budidaya kutu sangat mudah. Meski mudah, namun untuk menghasilkan kutu secara melimpah dan kontinyu, tentu ada caranya. Inilah yang akan diulas dalam panduan budidaya kutu air. Tak hanya itu, panduan ini juga mengulas tentang  biologi dan teknik penerapan dalam pembenihan serta teknik pengawetannya.

Panduan budidaya kutu air ini hanya dari BIPI.

 

Ragam Video Bipi

Banner
Banner
Banner

Jangan Lewatkan

Banner
Banner
Banner

Lihat di You Tube

Banner
Banner
Banner
Buku Karya-karyaku
make animated gifs like this at MakeaGif
Pakan Murah
make action GIFs like this at MakeaGif
Buku Karanganku
make animated gifs like this at MakeaGif
Pakan Murah
make action GIFs like this at MakeaGif

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.