Banner
Penemu Wah Formulation (PH), Obat Penyakit Ikan Terampuh, Formula Pakan Murah Berkualitas (FCR 1,3) dan Produsen Mesin Pelet
Agar Lumut Tidak Tumbuh Di Kolam

Lumut suka tumbuh di kolam. Tumbuhan halus itu sangat mengganggu. Larva dapat terjerat dan akhirnya mati. Demikian pula dengan benih yang berukuran lebih besar lagi. Meski benih lebih kuat untuk menghindarinya, namun jika lumutnya tebal tetap saja dapat terjerat dan akhirnya mati. Selain menggangu ikan, lumut juga sangat mengganggu pada saat panen, karena dapat bercampur dengan ikan dan menyulitkan dalam pembersihan, sehingga untuk memisahkan perlu waktu yang cukup lama.

Tumbuhnya lumut dapat disebabkan oleh kandungan nutrient dalam air. Namun tumbuhnya lumut lebih dominan disenyebabkan oleh intensitas sinar matahari yang sangat tinggi. Untuk membuktikan lebih jauh, coba saja bandingkan antara air yang ditampung di kamar mandi dan air yang ditampung di akuarium samping rumah. Jelas, air yang ditampung di kamar mandi tetap bening dan tidak tumbuh lumut, karena intensitas matahari sangat kecil. Sedangkan air dalam akuarium tumbuh lumut.

Ada berbagai cara untuk mengurangi intesitas sinar matahari, salah satu diantaranya adalah dengan menaikan tinggi air kolam. Namun tinggi air saja tidak cukup, karena sinar matahari pasti tetap menembus hingga ke dasar kolam dan lumut terkadang tetap tumbuh. Untuk menghindarinya, maka air harus dibuat hijau. Dan agar hijau, maka air harus diberi pupuk, kemudian dibiarkan selama 5 – 7 hari. Pupuk yang paling baik bukan kotoran hewan, tapi pupuk higeinis, karena pupuk ini sangat bersih.

Dengan memasang paranet di atas kolam menjadi cara lain untuk mengurangi intensitas sinar matahari yang masuk ke kolam. Paranet tersebut dipasang pada kerangka bambu. Luasan atau jumlah paranet tergantung dari keinginan. Yang pasti semakin banyak paranet, semakin kecil intensitas matahari dan lumut yang tumbuh semakin berkurang. Tentu saja jumlah tersebut harus dicoba terlebih dulu, karena intensitas sinar matahari di setiap daerah tidak sama, ada daerah dengan intensitas lebih tinggi.

Cara lainnya adalah dengan memasang plastic hitam. Jumlah atau luasan plastic tergantung keinginan. Yang pasti semakin banyak, maka intensitas sinar matahari semakin kecil dan lumut biasanya tidak tumbuh. Namun suhu air di kolam menjadi rendah dan dapat pertumbuhan ikan. Namun tidak perlu khawatir, plastic hitam dapat menyerap cahaya, sehingga suhu air dalam kolam tetapi tinggi, apalagi dipasang dalam greenhouse. Dari gambaran ini adakah pemikiran kita untuk memelihara lele di air bening.

Selamat Mencoba – Hanya Dari BIPI

 

Ragam Video Bipi

Banner
Banner
Banner

Jangan Lewatkan

Banner
Banner
Banner

Lihat di You Tube

Banner
Banner
Banner
Buku Karya-karyaku
make animated gifs like this at MakeaGif
Pakan Murah
make action GIFs like this at MakeaGif
Buku Karanganku
make animated gifs like this at MakeaGif
Pakan Murah
make action GIFs like this at MakeaGif

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.