Contenuto Principale
Animasi bipi
make animated gifs like this at MakeaGif
Banner
Banner
Benih Lele Bisa Diberi Pakan Mentah Buatan Sendiri

 

Sejak hari raya, saya tidak ke kolam. Tiga hari sisa libur digunakan untuk mudik, menjumpai orang tua di Bogor. Besoknya, atau Hari Kamis, saya harus masuk kantor. Kalau sudah masuk kantor, sisa waktu saya hanya sedikit sekali, pergi pagi pulang malam.  Maklum punya bos baru, pagi dan sore harus apel. Terkadang pulang kerja capek, lalu tiduran, kadang bablas hingga pagi lagi. Namun bukan berarti saya tidak tahu perkembangan ikan. Di kolam, ada ratusan ribu larva lele, ditambah dengan ikan konsumsi dan induk.

Ngurus ikan konsumsi dan induk bukan masalah. Itu sangat mudah. Yang agak rumit ngurus larva. Untunglah Duduh, salah seorang karyawan sangat tekun. Dia memang diberi kebebasan untuk mengurusnya. Yang penting tidak ada masalah yang terjadi. Suatu hari, saya datang ke kolam. Baru saja tiba, dia memanggil saya. Rupanya dia sedang memberi makan larva umur seminggu di dalam greenhouse. Segera saya menghampirinya. Sambil jalan, saya melihat larvanya sehat-sehat. Saat itulah dia menunjukan sesuatu.

Segerombolan larva berada di dasar kolam, sambil mengerumuni sesuatu, tapi bukan cacing sutra. Segera saya bertanya, diberi makan apa larvanya, kok tidak diberi cacing sutra, padahal masih tersedia cukup banyak. Dia menerangkan, bahwa sudah tiga hari larva diberi pakan mentah. Maksudnya pakan yang belum digiling, tapi sudah dibuat sebelumnya. Untuk penghematan biaya, katanya. Masalahnya harga cacing sutra cukup mahal. Ternyata benih bisa diberi pakan mentah. Soal pertumbuhan tidak kalah dengan cacing sutra.

Info bagus ini hanya dari BIPI


 

 
Ricerca / Colonna destra
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
We have 22 guests online
mod_vvisit_counterHari ini505
mod_vvisit_counterKemarin679
mod_vvisit_counterBulan ini1798
mod_vvisit_counterTotal802580