Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Animasi Ikan on Make A Gif
make animated gifs like this at MakeAGif
Banner
Banner
Banner
Banner
Profile BIPI 2015
make animated gifs like this at MakeAGif

Lele Yang Gantung Sembuh Dengan Pupuk Higeinis

Pa, lele saya kok pada berdiri, kata Alpin, tetanggaku. Minggu lalu dia tebar benih, entah darimana belinya. Oh, itu bukan berdiri, tapi lagi gantung diri, candaku. Kenapa ya, Pa ? tanyanya. Ya, karena mereka sudah bosan hidup, kembali candaku. Lele kamu itu sedang sakit parah dan mereka tahu tidak bakal sembuh. Karena itulah mereka gantung diri. Sambil gantung diri mereka hormat sama kamu, seperti veteran perang yang sedang upacara, sambil berucap “ Selamat Tinggal Saudaraku, Aku Pergi dan Tidak Mungkin Kembali “.

Aku dan keluarga turut berduka cita, candaku. Segera Alpin menceritakan kejadiannya. Tadi pagi saya ke kolam, maksudnya mau ngasih makan, tapi saya kaget, karena lelenya pada berdiri. Ketika diberi makan banyak yang tidak mau, napsu makannya rendah. Gerakannya juga sudah tidak normal atau sempoyongan dan sering bergerombol di salah satu tempat. Padahal sebelumnya napsu makannya sangat tinggi dan gerakannya normal. Saya ingat, dua hari lalu hujan sangat deras.  Bahkan dua kali hujan, yaitu siang dan sore.

Itulah, Pin, kataku. Hujan memang bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit lele, terutama penyakit gantung diri. Karena air hujan dapat berpengaruh buruk pada kehidupan lele. Pertama air hujan dapat menimpa tubuh lele, sehingg lelenya teller. Kedua, air hujan juga dapat menurunkan suhu air, sehingga lele stress. Ketiga air hujan dapat mengurangi kandungan lendir, sehingga air menjadi kesat. Air yang kesat dapat merusak kulit lele.  Solusi, tebarkan obat, kataku sambil memberikan sebotol Pupuk Higenis.

Tiga hari kemudian, Alpin melaporkan bahwa lelenya sudah sembuh, meski ada juga yang mati. Itulah yang dialami Alpin. Masih banyak pembudidaya lain yang telah ditolong. Bukan saja pembudidaya di daerah sekitar Farm Bina Insan Perikanan Indonesia (BIPI), tapi juga pembudidaya dari berbagai daerah di Seluruh Indonesia. Adanya sedikit kematian bukan karena pupuk higeinis tidak efektif, tapi karena lambat dalam penanganan. Coba pemberiannya dilakukan sehabis hujan, insyaallah kematian tidak bakal terjadi. Selain dapat mengobati penyakit juga dapat menghilangkan bau air, menciptakan kualitas air dan menumbuhkan pakan alami.

Lalu apa sebenarnya Pupuk Higeinis itu. Pupuk Higeinis (PH) adalah pupuk yang dibuat dari bahan yang bersih atau bahan yang tidak bau dan tidak menjijikan (bukan dari kotoran hewan). PH dapat dibuat sendiri. Bahannya mudah diperoleh di setiap daerah. Cara membuatnya sangat mudah, pasti setiap orang bisa. Selain mudah juga murah. Untuk membuat sekilo PH cukup dengan Rp. 2.000 saja. Cara penggunaannya sangat mudah. Jadi PH itu sangat praktis, efektif dan Efisien. Untuk mendapatkan resep PH, Anda bisa mengikuti PELATIHAN LELE ONLINE atau PELATIHAN LANGSUNG… !!!