PELATIHAN LELE HIGIENIS & PELATIHAN PAKAN SUPER MURAH 80 % PRAKTEK. MATERI PEMBENIHAN, PEMBESARAN, PUPUK HIGEINIS (OBAT PENYAKIT)DLL HUB. 0815 6323 5990
KOI-KOI BIASA
Banner
BELIDA SUMATRA
Banner
KODOK LEMBU
Banner
BETUTU CIRATA
Banner
LOSTER AIR TAWAR
Banner
TERSEDIA MESIN PAKAN
Banner
Banner
PAKAN MURAH
Banner
PUPUK HIGEINIS
Banner
PLATIHAN ONLINE
Banner
Cuplikan DVD Pelatihan
Banner
Profile Finish on Make A Gif
make animated gifs like this at MakeAGif
BINA INSAN PERIKANAN INDONESIA (BIPI) SUKABUMI - Pencipta Pupuk Higeinis, Obat Penyakit Lele Terampuh & Formula Pakan Super Murah
Banner
Banner
Banner
Banner

Prospek Usaha Ikan Patin Siam (Pangasianodon hypopthalmus)

Patin Siam atau jambal siam (Pangasianodon hypopthalmus) termasuk ikan yang bernilai ekonomis tinggi. Terutama di Pulau Sumatra dan Kalimantan, permintaan pasarnya cukup tinggi, tetapi pasokannya rendah. Keadaan ini menjadikan harga ikan patin menjadi tinggi. Inilah suatu peluang yang baik untuk dijadikan sebagai lahan usaha.

Patin Siam, yang dulu bernama latin Pangasius sutchi fowler ini bukan ikan asli Indonesia, tetapi dari negara lain. Ikan ini berasal dari Bangkok, Thailand yang didatangkan ke Indonesia pada tahun 1972. Karena bentuk tubuh Patin Siam mirip dengan Patin Indonesia (Pangasius pangasius), maka ikan ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

Patin Siam merupakan salah satu genus lele-lelean, dan termasuk ikan berkumis (catfish). Sebutan atau nama Patin Siam di setiap tempat dan negara berbeda-beda. Di negara asalnya, Patin Siam bernama Pla Sawai. Di Malaysia, selain diberi nama patin, disebut juga ikan lawang, martinus, dan tikol.

Di Vietnam, Patin Siam disebut Ca Tre Yu, di Kamboja disebut Trey Pra. Dalam Bahasa Inggeris, Patin Siam disebut Catfish, River Catfish, atau Striped Catfish. Sedangkan di Indonesia, selain dinamakan ikan patin disebut juga jambal siam, atau lele bangkok (Jawa), dan ikan juara (Sumatra dan Kalimantan).

Secara umum, budidaya Patin Siam dibagi kedalam dua tahap, yaitu pembenihan dan pembesaran. Pembenihan adalah kegiatan menyediakan benih-benih ikan yang siap dipelihara di kolam pembesaran. Sedangkan pembesaran adalah kegiatan memelihara benih, hasil pembenihan hingga menjadi konsumsi.

Tidak seperti ikan mas dan ikan nila, pembenihan Patin Siam agak sulit. Karena ikan ini tidak bisa memijah secara alami. Pemijahan Patin Siam hanya bisa dilakukan secara buatan atau lebih dikenal dengan istilah kawin suntik (induce breeding). Meski sulit, pembenihan Patin Siam sudah lama berhasil, dan berkembang pesat di Indonesia.

Info ini disampaikan : Bina Insan Perikanan Indonsia (BIPI)

 

Informasi Terkini

Artikel Terpopuler

### USNI ARIE BIPI ###
Banner
KARYA TH 2000
Banner
KARYA TH 2012
Banner
Banner
Banner
BUKU TERBARU TH 2014
Banner
PROMO PAKAN MURAH
Banner
TERSEDIA MESIN PAKAN
Banner
KARYA TH 2013
Banner
We have 9 guests online
PENGUNJUNG
mod_vvisit_counterHari ini462
mod_vvisit_counterKemarin827
mod_vvisit_counterBulan ini16731
mod_vvisit_counterTotal422854