Contenuto Principale
Animasi bipi
make animated gifs like this at MakeaGif
Banner
Banner
Percobaan Pemupukan Kolam Lele Secara Higeinis

Setelah resep pencegah penyakit lele, UF-two atau BIPI terus berusaha untuk membuat resep lainnya. Resep inipun bertujuan untuk memperbaiki sistem pemeliharaan lele. Namun dalam resep ini, pemupukan tidak menggunakan pupuk kandang, tetapi dengan bahan lain yang sangat higeinis. Jangan khawatir, bahan ini sangat mudah diperoleh dan juga murah. Tentu saja juga tidak mengandung bahan yang berbahaya bagi tubuh.

Sebenarnya resep ini telah diterapkan pada pemeliharaan ikan mas. Hasilnya sangat bagus, dimana benih ikan mas dapat hidup dengan baik dan tumbuh dengan cepat. Selain itu tingkat kehidupannya (survival rate) juga tergolong tinggi. Dengan hasil seperti itu, maka dapat dipastikan resep tersebut juga dapat diterapkan pada pemeliharaan lele sangkuriang, karena pada dasarnya lingkungan hidup semua jenis ikan tidak jauh berbeda.

Percobaan telah dimulai sepupuh hari yang lalu. Hasilnya juga bagus. Lima hari setelah pemupukan, pakan alami sudah tumbuh, namun warna airnya tetap bening. Lendir yang dibutuhkan ikan lele sudah muncul. Bahkan lebih pekat dari pupuk kandang. Namun baunya masih menyengat. Pada hari keeman, air mulai keruh dan pakan alami sudah melimpah, tetapi baunya sudah hilang. Saat itulah larva lele ditebar, pada pagi hari.

Setelah ditebar, larva lele tidak stres dan sehat, bahkan langsung memakan pakan alami di permukaan. Sepuluh jam kemudian, larva lele tetap sehat, malah lebih lincah dan lebih rakus. Besoknya dan setiap diberi pakan tambahan berupa tepung pelet campur susu bubuk, dua kali. Kini sudah lima hari, larva tetap banyak dan sehat. Sementara air mulai hijau. Percobaan ini memang belum usai, tapi hasilnya menggembiarakan. Semoga saja.

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner