PELATIHAN LELE TIAP HARI MINGGU (FULL DAY) MATERI LENGKAP 80 % PRAKTEK. 0858 6204 5555 / 0812 8416 1000
TERSEDIA MESIN PAKAN
Banner
KARYA TH 2013
Banner
BERAGAM IKAN TAWAR
Animasi Ikan on Make A Gif
make animated gifs like this at MakeAGif
TERSEDIA MESIN PAKAN
Banner
Banner
PAKAN MURAH
Banner
PUPUK HIGEINIS
Banner
PLATIHAN ONLINE
Banner
Cuplikan DVD Pelatihan
Banner
Profile Finish on Make A Gif
make animated gifs like this at MakeAGif
BINA INSAN PERIKANAN INDONESIA (BIPI) SUKABUMI - Pencipta Pupuk Higeinis, Obat Penyakit Lele Terampuh & Formula Pakan Super Murah
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

Kolam Terpal, Kolam Tembok, Kolam Tanah Sama Saja

Pak Usni kok enggak pakai kolam terpal, tanya Mas Tono, seorang pengunjung UF-two. Emangnya kenapa dengan kolam tanah, saya balik nanya. Katanya kolam terpal lebih bagus dari kolam tanah, jawabnya. Betul sekali Mas, kolam terpal memang bagus, tetapi kolam tanah juga ternyata bagus. Demikian juga dengan kolam tembok. Jadi, semua kolam bagus, kembali tanyanya. Ya, jawab saya pendek.

Kolam terpal memang bagus. Dinding dan dasarnya, tidak bocor. Karena tidak bocor, maka ketinggian air bisa ditahankan selama masa pemeliharaan, sehingga tidak perlu ada aliran air. Cara membuatnya sangat mudah, tinggal ratakan tanah, pasang rangka, dan masukan terpal. Satu lagi kelebihan kolam terpal, bahan pembuatnya mudah diperoleh. Bisa dibeli di toko plastik, bahkan di toko bahan bangunan.

Kolam tembok lebih bagus lagi. Dinding dan dasarnya lebih kokoh dari kolam terpal. Sudah pasti ketinggian air bisa dipertahankan selama masa pemeliharaan dan tidak perlu ada aliran air. Selain itu kondisi perairan kolam dapat terjaga kualitasnya. Namun cara membuat kolam tembok lebih rumit dari kolam terpal dan membutuhkan biaya yang sangat besar. Tentu saja tidak semua orang mampu untuk membuatnya.

Tak hanya kolam tembok dan terpal, ternyata kolam tanah juga bagus, asalkan pematangnya tidak bocor dan dasarnya tidak porous. Agar tidak bocor, pada saat persiapan, pematangnya harus diperbaiki. Agar tidak rembes, setelah pengeringan, tanah dasar harus diolah, dengan dicangkul dan diratakan. Dengan cara seperti itu, ketinggian air masih bisa dipertahankan selama masa pemeliharaan, seperti kolam terpal dan kolam tembok.

Jadi kolam terpal, kolam tembok dan kolam tanah sama saja. Jangan dilihat dari jenisnya, tetapi lihatlah dari fungsinya. Ingat fungsi kolam itu hanya untuk menampung air, bukan untuk meningkatkan hasil. Tingginya hasil dari sebuah kolam bukan karena bahan pembuatnya, tetapi karena sistem pemeliharaannya yang baik, termasuk pengelolaan airnya. Jenis wadah memang penting, tetapi lebih penting lagi hasilnya.

UF-two memulai dari yang mudah dan murah

 

Informasi Terkini

Artikel Terpopuler

### USNI ARIE BIPI ###
Banner
KARYA TH 2000
Banner
KARYA TH 2012
Banner
Banner
Banner
BUKU TERBARU TH 2014
Banner
PROMO PAKAN MURAH
Banner
We have 8 guests online
PENGUNJUNG
mod_vvisit_counterHari ini228
mod_vvisit_counterKemarin972
mod_vvisit_counterBulan ini19016
mod_vvisit_counterTotal566035