PELATIHAN LELE HIGIENIS & PELATIHAN PAKAN SUPER MURAH 80 % PRAKTEK. MATERI PEMBENIHAN, PEMBESARAN, PUPUK HIGEINIS (OBAT PENYAKIT)DLL HUB. 0815 6323 5990
TERSEDIA MESIN PAKAN
Banner
KARYA TH 2013
Banner
BERAGAM IKAN TAWAR
Animasi Ikan on Make A Gif
make animated gifs like this at MakeAGif
TERSEDIA MESIN PAKAN
Banner
Banner
PAKAN MURAH
Banner
PUPUK HIGEINIS
Banner
PLATIHAN ONLINE
Banner
Cuplikan DVD Pelatihan
Banner
Profile Finish on Make A Gif
make animated gifs like this at MakeAGif
BINA INSAN PERIKANAN INDONESIA (BIPI) SUKABUMI - Pencipta Pupuk Higeinis, Obat Penyakit Lele Terampuh & Formula Pakan Super Murah
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

Budidaya Lele Sangkuriang Secara Intensif

Istilah budidaya ikan secara intensif kini sudah jarang terdengar. Namun bukan berarti sistem pemeliharaan itu tidak diterapkan, tetapi karena istilah itu sudah tidak aneh lagi. Sebagai contoh, pemeliharaan ikan mas di kolam air deras, pemeliharaan ikan di jaring terapung dan pemeliharaan ikan-ikan lainnya. Karena dalam pemeliharaan tersebut ditebar dengan kepadatan tinggi, dosis pemberian pakan yang tinggi dan dengan hasil yang tinggi pula. Sudah pasti keuntungannya juga lebih tinngi.

Pemeliharaan secara intensif juga sudah diterapkan dalam budidaya lele, termasuk lele sangkuriang, terutama di beberapa daerah, seperti di Kabupaten Boyolali Jawa Tengah, Tulung Agung Jawa Timur, Bogor, Sukabumi dan Indramayu Jawa Barat. Dalam setiap meter ditebar dengan kepadatan tinggi, yaitu 600 ekor. Pakan tambahan yang diberikan juga dengan dosis tinggi, rata-rata 5 persen. Demikian juga dengan hasilnya. Dalam kolam seluas 20 m2 dihasilkan ikan konsumsi sebanyak satu ton.

Namun sayang, sistem pemeliharaan tersebut baru diterapkan dalam pembesaran saja, sedangkan dalam pendederan umumnya masih secara ekstensif, yaitu dengan kepadatan rendah, yaitu masih dibawah 1.000 ekor setiap meter dan dengan dosis pakan yang rendah. Padahal padat penebaran ini masih bisa ditingkat hingga lebih dari itu. Bahkan bisa sampai 4.000 ekor untuk pendederan kedua, ukuran 2 – 3 cm. Tentu saja harus dibarengi dengan dosis pakan yang tinggi pula.

Menurut penulis (pemilik UF-two), penerapan pendederan lele secara harus dimulai dengan wadah pemeliharaannya. Wadah pemeliharaan sebaiknya kolam berbentuk bulat, karena kolam tersebut memiliki kelebihan, salah satunya sirkulasi air lebih merata, dibanding kolam persegi panjang. Atau dengan kata lain tidak terdapat daerah mati (dead area). Pakan tambahanpun bisa merata dan semua ikan dapat dengan mudah untuk menjangkaunya, sehingga pertumbuhannya rata.

Kontruksi kolam bulat untuk lele harus dibuat secara khusus, terutama dasar kolam dan pintu pembuangan. Seluruh dasar kolam dibuat melandai ke tengah agar semua kotoran dan sisa pakan berada pada satu tempat serta zat-zat beracun, seperti NH3 tiga berkumpul di satu tempat, yaitu bagian tengah. Karena dasar kolam melandai ke bagian tengah, maka pintu pembuanganpun dibuat di bagian tersebut, sehingga semua kotoran dapat dibuang dengan mudah secara berkala selama masa pemeliharaan.

Tak hanya dengan padat tebar yang tinggi dan kontruksi kolam, tetapi keadaan kolam juga perlu dipikirkan. Karena kondisi cuaca dan musim, terutama musim hujan sangat berpengaruh dalam budidaya lele. Karena itu, untuk meningkatkan produksi perlu dibuat greenhouse. Tidak harus dengan atap yang mahal, cukup dengan yang murah saja, misalnya plastik Ultra Violet. Dengan greehouse, selain produksi meningkat juga bisa kontinyu. Pengaruh hujan dapat dihindari.

Sukses selalu untuk Anda dan tetaplah bersama UF-two.

 

Informasi Terkini

Artikel Terpopuler

### USNI ARIE BIPI ###
Banner
KARYA TH 2000
Banner
KARYA TH 2012
Banner
Banner
Banner
BUKU TERBARU TH 2014
Banner
PROMO PAKAN MURAH
Banner
We have 11 guests online
PENGUNJUNG
mod_vvisit_counterHari ini242
mod_vvisit_counterKemarin642
mod_vvisit_counterBulan ini884
mod_vvisit_counterTotal497173